Windows

Hosting Unlimited Indonesia

Codeigniter Dan Kelebihannya

  
Menurut Riyanto (2013) CodeIgniter atau CI adalah sebuah framework yang digunakan untuk membuat situs web yang disusun dari bahasa pemrograman PHP. Di dalam CI terdapat beberapa macam kelas dalam bentuk pustaka dan helper, yang dapat digunakan sebagai tool untuk mengembangkan situs web. CodeIgniter sendiri dibangun menggunakan konsep Model-View-Controller atau MVC. MVC adalah sebuah pattern/teknik pemogramanan yang memisahkan bisnis logic (alur pikir), data logic (penyimpanan data) dan presentation logic (antarmuka aplikasi) atau secara sederhana adalah memisahkan antara desain, data dan proses. Adapun komponen-komponen MVC antara lain:

a)         Model

Model berhubungan dengan data dan interaksi ke database atau web service. Model juga merepresentasikan struktur data dari aplikasi yang bisa berupa basis data maupun data lain, misalnya dalam bentuk file teks, file XML maupun webservice. Biasanya di dalam model akan berisi class dan fungsi untuk mengambil, melakukan update dan menghapus data website. Sebuah aplikasi web biasanya menggunakan basis data dalam menyimpan data, maka pada bagian model biasanya akan berhubungan dengan perintah-perintah query SQL.

b)        View

View berhubungan dengan segala sesuatu yang akan ditampilkan ke end-user. Bisa berupa halaman web, rss, javascript dan lain-lain. Kita harus menghindari adanya logika atau pemrosesan data di view. Di dalam view hanya berisi variabel-variabel yang berisi data yang siap ditampilkan. View dapat dikatakan sebagai halaman website yang dibuat dengan menggunakan HTML dan bantuan CSS atau javaScript. Di dalam view jangan pernah ada kode untuk melakukan koneksi ke basisdata. View hanya dikhususkan untuk menampilkan data-data hasil dari model dan controller.

c)         Controller

Controller bertindak sebagai penghubung data dan view. Di dalam Controller inilah terdapat class-class dan fungsi-fungsi yang memproses permintaan dari view ke dalam struktur data di dalam model. Controller juga tidak boleh berisi kode untuk mengakses basis data karena tugas mengakses data telah diserahkan kepada model. Tugas controller adalah menyediakan berbagai variabel yang akan ditampilkan di view, memanggil model untuk melakukan akses ke basis data, menyediakan penanganan kesalahan/error, mengerjakan proses logika dari aplikasi serta melakukan validasi atau cek terhadap input.

d)         Ada beberapa kelebihan CodeIgniter (CI) dibandingkan dengan Framework PHP lain:
               (1)       Performa sangat cepat.
                       Salah satu alasan tidak menggunakan framework adalah karena eksekusinya yang lebih                        lambat daripada PHP from the scracth, tapi codeigniter sangat cepat bahkan mungkin bisa                  dibilang codeigniter merupakan framework yang paling cepat dibanding framework yang                    lain. 
               (2)       Konfigurasi yang sangat minim (nearly zero configuration). 
                       Tentu saja untuk menyesuaikan dengan database dan keleluasaan routing tetap diizinkan                      melakukan konfigurasi dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti database.php                      atau autoload.php, namun untuk menggunakan codeigniter dengan setting standard, hanya                  perlu merubah sedikit saja file pada folder config.
               (3)      Banyak komunitas. 
                      Dengan banyaknya komunitas CI ini, memudahkan kita untuk berinteraksi dengan yang lain,               baik itu bertanya atau teknologi terbaru.
              (4)      Dokumentasi yang sangat lengkap.
                     Setiap paket instalasi codeigniter sudah disertai user guide yang sangat bagus dan lengkap                 untuk dijadikan permulaan, bahasanya pun mudah dipahami.

Flow codeIgniter



Struktur Folder

Untuk download Codeigniter silahkan anda kunjungi web dibawah ini

    Ssumber :
Riyanto, 2011, Membuat Sendiri Aplikasi E-Commerce dengan PHP dan MySQL Menggunakan CodeIgniter dan JQuery

Untuk teman2 yang ingin sewa hosting atau beli domain bisa disini iya : Link
dan gunakan Kode Kupon Berikut : YBNBLOG20 untuk mendapatkan potongan 5%

*KEJUJURAN ADALAH KEBIJAKSANAAN YANG PALING BAIK*