Windows

Hosting Unlimited Indonesia

Dasar PHP 7 Untuk Pemula



Sebelum belajar PHP tentunya harus menginstall software yang dibutuhkan dulu. berikut ini merupakan daftar software yang dibutuhkan untuk belajar PHP :


1. XAMPP
Anda bisa juga melakukan instalasi web server (Apache,Nginx) dan database (MySQL, MariaDB) sendiri, saya menyarankan memakai XAMPP.
Download

2. Visual Studio Code
Disini saya menggunakan Visual Studio Code sebagai code editor, anda bisa juga menggunakan Sublime Text (Berbayar), Adobe Dreamweaver (Berbayar) dan Notepad ++ (Free).
Download


3. Google Chrome/FireFox
Saya menggunakan browser diatas untuk melihat hasil dari output code yang kita tulis ataupun melihat hasil kerja kita.
Instal Chrome

Anda bisa menginstal tools diatas dan untuk membuat project anda bisa melihat gambar dibawah ini asumsi saya anda sudah menginstal XAMPP silahkan anda buat folder “indophp” pada htdoc kemudian anda bisa membuat file dengan extensi .php dengan nama latihan1.php melalui VS Code.


PENULISAN SYNTAX PHP

Untuk Penulisan syntax PHP ditandai dengan tag pembuka <?php dan diakhiri dengan tag penutup ?>. syntax php dapat di sisipkan pada bagian-bagian html. Kemudian di setiap akhir syntax PHP harus di tutup dengan tanda semicolon atau titik koma ; dibawah ini contoh penulisan syntax php.

<?php   
echo "Inspirasi Programming";
?>

Syntax echo pada contoh diatas berfungsi untuk menampilkan data ataupun output yang dari syntax diatas adalah tulisan “Inspirasi Programmer”.

CARA MENGAKSES PHP dan LOCALHOST di BROWSER

Agar anda dapat mengakses halaman PHP dari web browser, maka anda harus menempatkan file PHP dalam folder htdoc yang merupakan home dari web server berikut ini direktori folder anda seharusnya C:\xampp\htdocs\indophp\latihan1.php

Setelah semua hal diatas sudah anda buat silahkan akses file PHP pada web browser dengan link localhost/indophp/latihan1.php.


Jika muncul output seperti gambar diatas berarti anda sudah berhasil mengakses PHP yang sudah anda buat.

Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam mengakses file php.
  • File php yang akan dijalankan harus berada di dalam folder C:\xampp\htdocs, baik itu di dalam folder tersebut, atau folder-folder dibawahnya. Namun Jika file php tersebut berada di luar folder htdoc, maka web server tidak bisa mengaksesnya.
  • Setiap file PHP harus ditulis menggunakan akhiran .php (walaupun hal ini bisa dirubah pada settingan modul php).
  • Penamaan file PHP, harus tanpa spasi dan sebaiknya menggunakan huruf kecil. Anda dapat menggunakan underscore (_) sebagai pengganti spasi. 
  • Pastikan Xampp anda dalam kondisi Running



           Untuk teman2 yang ingin sewa hosting atau beli domain bisa disini iya : Link
    dan gunakan Kode Kupon Berikut : YBNBLOG20 untuk mendapatkan potongan 5%
KEJUJURAN ADALAH KEBIJAKSANAAN YANG PALING BAIK



Post a Comment

0 Comments