Windows

Hosting Unlimited Indonesia

Apa itu PHP 7 ???



PENGERTIAN

PHP merupakan salah satu Bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan pelajar/mahasiswa dan pengembangan aplikasi berbasi web, PHP merupakan Hypertext Preprocessor yang banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis dan membangun sebuah CMS (Content Management System). Dari tahun 1997 hingga sekarang, PHP sudah merilis beberapa versi dengan berbagai pengembangan. Pada tahun 2004, PHP merilis versi 5.0 dengan focus pada pemrograman berorientasi objek. Pada tahun 2017 PHP merilis versi ketuju hingga sekarang dengan versi stail versi PHP 7.2.

SEJARAH

PHP Versi 7.0, pada tahun 2014, sebuah proyek lanjutan PHP mulai mengemuka, yakni PHP 7. Kalangan programming sedikit bingung dengan penamaan versi PHP yang akan dirilis ini, apakah akan menyebutnya sebagai PHP 6 atau PHP 7. Walaupun PHP versi 6 telah resmi ditinggalkan, namun banyak artikel dan buku yang ditulis mengenai PHP 6. Setelah mengambil voting, nama PHP versi 7 akhirnya menjadi keputusan final. Dengan demikian, kita tidak akan melihat PHP versi 6, dan langsung ‘loncat’ ke PHP 7. PHP 7 berkembang dari proyek experimen yang dinamakan PHPNG (PHP Next Generation). Proyek PHPNG bertujuan untuk menyusun ulang kode PHP untuk meningkatkan performa. Pada Juli 2014, sebuah percobaan mendapati hasil bahwa PHPNG mengalami peningkatan performa hampir 100% dari versi PHP sebelumnya.

KELEBIHAN & KEKURANGAN

KELEBIHAN

1. Fitur Baru
PHP 7 memiliki beberapa fitur baru, salah satu diantaranya yaitu Abstract Syntax Tree. Fitur ini memudahkan dalam kode parsing PHP, mengurangi error, dan cara untuk membangun hal yang lebih baik kedepannya. Selain itu, fitur tambahan lainnya yaitu berfungsi untuk menentukan codepoints Unicode dengan nomor, daripada menggunakan codepoint langsung atau Unicode Codepoint Escape Syntax.

2. Memiliki Community yang besar


Programmer Web pasti pernah menggunakan PHP sebagai Bahasa pemrograman dalam pembuatan project yang berbasis web. Banyak website yang menggunakan PHP sebagai Bahasa pemrograman untuk membuat website Facebook, Yahoo, Wikipedia dan Wordpress adalah contoh website yang dibuat menggunakan PHP selain itu banyak Forum yang membahasa tentang pemrograman PHP sehingga referensi untuk belajar sangat luas.

3. Mudah Dipelajari
PHP mudah di install dan dikonfigurasi. membuatnya menjadi bahasa pemrograman tingkat entry level yang mudah dipelajari bagi seseorang yang baru memulai belajar pengembangan web.
4. Pengembangan Cepat
Membuat Aplikasi menggunakan PHP jauh lebih cepat daripada mengembangkan aplikasi web menggunakan bahasa pemrograman lain. banyak sekali tools, boiler yang tersedia secara open source untuk bahasa pemrograman PHP. 

5. Maintenance mudah
Sebuah web yang menggunakan PHP berjalan, programmer dapat dengan mudah melakukan update dari software PHP dengan mudah jika memang diperlukan. karena sifat PHP yang merupakan interpreter. Aplikasi web yang dibuat dengan menggunakan PHP dapat dengan mudah diupgrade versi PHP tanpa harus melakukan kompilasi ulang source code.

6. Open Source
PHP merupakan sebuah projek Open source dengan license yang dikeluarkan oleh PHP group yaitu PHP license V3.01. Inti dari license ini adalah setiap pengguna program PHP bebas menggunakan PHP secara gratis tanpa harus memberikan royalty apapun ke PHP group namun tetap wajib mencantumkan licensi atas PHP yang dimiliki PHP Group.
7. Perkembangan Pesat
Karena sifat PHP yang open source, banyak sekali bermunculan projek projek open source besar yang menggunakan PHP seperti Prestashop, WordPress, Drupal, dan lain lain. Hal ini menjadi keunggulan yang sangat besar bagi orang yang menguasai pemrograman PHP.

KEKURANGAN

1. Mudah di bajak
Karena sifat PHP yang merupakan interpreter, source code dari aplikasi php dapat dengan mudah di modifikasi dan diubah fungsinya. hal ini membuat PHP tidak cocok untuk digunakan mengembangkan aplikasi jika pemilik aplikasi memiliki source code yang ingin dijaga kerahasiaannya.
Meskipun ada cara untuk mengamankan source code yang menggunakan bahasa pemrograman PHP, namun dibutuhkan sebuah extensi yang berbayar yang dikeluarkan oleh Zend sebuah corporasi di bidang pemrograman PHP
2. Terkesan kurang prestigious
Entry level yang berada pada tingkat pemula, yakni mudah dipelajari oleh programmer pemula membuat bahasa pemrograman PHP terkesan kurang prestisius jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman web lain yang terkesan lebih sulit untuk digunakan. Aplikasi web yang dihasilkan dari penggunaan bahasa pemrograman PHP terkesan kurang aman dan memiliki celah.
3. Tidak adanya type data pada PHP
PHP tidak memiliki type data. hal ini membuat kadang pada saat menggunakan bahasa pemrograman PHP muncul bug bug yang tidak diinginkan berkaitan dengan tidak adanya standar type data pada php. contohnya adalah data “1000” dan “1e3” jika dibandingkan akan memiliki type data yang sama karena secara implisit data tersebut dirubah menjadi floating point.

Untuk teman2 yang ingin sewa hosting atau beli domain bisa disini iya : Link
dan gunakan Kode Kupon Berikut : YBNBLOG20 untuk mendapatkan potongan 5%
KEJUJURAN ADALAH KEBIJAKSANAAN YANG PALING BAIK

Post a Comment

0 Comments