Windows

Hosting Unlimited Indonesia

Variabel Pada PHP 7




Pengertian Variabel

Dalam konsep pemograman, variabel adalah suatu lokasi penyimpanan (di dalam memori komputer) yang berisikan nilai atau informasi yang nilainya tidak diketahui maupun telah diketahui (wikipedia).

Dalam defenisi bebasnya, variabel adalah kode program yang digunakan untuk menampung nilai tertentu. Nilai yang disimpan di dalam variabel selanjutnya dapat dipindahkan ke dalam database, atau ditampilkan kembali sebagai output.

Value dari variable dapat di isi dengan informasi berupa angka atau huruf maupun karakter lainnya yang diinginkan dan nilai tersebut dapat diubah pada saat kode program sedang berjalan. Setiap variable yang kita buat pastinya harus mempunyai nama yang unik dan diharapkan tidak boleh sama dalam satu function.

Seperti variable dalam Bahasa pemrograman lainnya, variable dalam PHP digunakan untuk menampung nilai inputan dari user, atau nilai yang kita defenisikan sendiri. Namun PHP memiliki beberapa aturan tentang cara penggunaan dan penulisan variable. source

Aturan Penulisan Variabel


Variabel di assign menggunakan tanda sama dengan = dan dapat diisi berbagi tipe data, seperti: string, boelan, integer, array, dll. Beberapa ketentuan dan tips dalam penulisan variable.

1. Diawali dengan tanda $
Diawali dengan tanda dollar $ dan harus diikuti dengan huruf atau underscore, karakter selanjutnya harus: huruf, angka, atau underscore. misal: $_noHp, $tempat_lahir, $_tgl_lahir. Contoh Penulisan Variabel Yang Salah : $4ever, $_salah satu, $nama*^.

2. Bersifat Case Sensitive
Nama variabel bersifat case sensitive yang berarti membedakan antara huruf besar dan huruf kecil, misal: $nama berbeda dengan $Nama.

3. Tidak Boleh Menggunakan $this
Tidak boleh menggunakan nama $this, karena $this merupakan variabel khusus yang sudah digunakan oleh PHP yang mereferensikan kelas (class);

4. Mempunyai Variabel Bawaan PHP
Terdapat beberapa variabel bawaan PHP yang ditujukan untuk menyimpan data tertentu misal: $_POST, $_GET, $_COOKIE, $_SESSION, $_SERVER, dll, yang biasanya diawali dengan awalan underscore dan nama variabel ditulis dengan huruf besar semua, jadi hati hati. Variabel tersebut juga dapat kita gunakan untuk menyimpan data. Daftar list Predefined Variables tersebut dapat anda lihat di manual PHP : http://www.php.net/reserved.variables

Cara Memberi Nilai Pada Variabel

Perintah pemberian nilai kepada sebuah variabel disebut dengan assignment. Jika variabel tersebut belum pernah digunakan, dan langsung diberikan nilai awal, maka disebut juga dengan proses inisialisasi.

Berikut contoh cara memberikan nilai awal (inisialisasi) kepada variabel:

<?php
   $nama_depan = "Joko";
   $nama_belakang="Susilo";
   $usia = 27;
   $alamat = "Jln. Yossudarso II";
?>

           
Cara Menampilkan Variabel

Untuk menampilkan nilai atau isi dari variabel, kita tinggal menampilkannya dengan perintah echo atau print, seperti berikut ini :

<?php
   $var1='Inspirasi Programmer';
   $var2=2019;
   
   print $var1;
   echo $var2;
?>

Output : Inspirasi Programmer2019

Variabel dapat dikatakan sebagai inti dari sebuah bahasa pemograman. Karena melalui variabel inilah kita memanipulasi data inputan agar menjadi nilai yang diinginkan. Selain variabel, PHP juga menyediakan sebuah solusi lain untuk menampung nilai data dengan konstanta (constant). source

Untuk teman2 yang ingin sewa hosting atau beli domain bisa disini iya : Link
dan gunakan Kode Kupon Berikut : YBNBLOG20 untuk mendapatkan potongan 5%

KEJUJURAN ADALAH KEBIJAKSANAAN YANG PALING BAIK

Post a Comment

0 Comments